LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI BAGIAN HUKUM DAN HAM SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BANYUASIN

Dalam rangka menyikapi permasalahan-permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat, maka Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin kini telah menyiapkan Kotak Layanan Pengaduan Masyarakat. Kotak Layanan Pengaduan Masyarakat ini diletakkan di dekat pintu masuk ruangan Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin. Kotak Layanan Pengaduan Masyarakat diharapkan dapat memberikan peningkatan terhadap pelaksanaan prinsip pelayanan publik di dalam memberikan bantuan hukum gratis sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2014 tentang Bantuan Hukum Gratis. Melalui Kotak Layanan Pengaduan Masyarakat ini juga, diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat wilayah Kabupaten Banyuasin khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu untuk meminta  bantuan hukum terkait masalah hukum yang sedang dialami langsung kepada Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin sehingga permasalahan tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan prinsip keadilan dan persamaan dihadapan hukum. Mengenai alur pelayanannya sendiri terbilang cukup sederhana, yakni sebagai berikut :

  1. Pelapor memasukkan laporan pengaduan yang telah berisi identitas serta uraian permasalahan ke dalam Kotak Layanan Pengaduan Masyarakat
  2. Laporan Pengaduan yang telah masuk akan diklarifikasi dan di identifikasi Petugas Layanan Pengaduan untuk diteruskan kepada Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin
  3. Kepala Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin kemudian memberikan disposisi/ rekomendasi kepada Kepala Sub Bagian Tata Hukum.
  4. Pelapor menunggu surat tindak lanjut dari permasalahan yang berisi bentuk pemberian bantuan hukum dalam jangka waktu 6 (enam) hari kerja dimana pelapor akan dihubungi langsung oleh Petugas Layanan Pengaduan tanpa dipungut biaya apapun.

Selain Kotak Layanan Pengaduan Masyarakat, di Bagian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin juga dilengkapi dengan kotak indeks kepuasan yang diharapkan nantinya dapat memberikan penilaian, masukan, kritik hingga saran terhadap kinerja pelayanan petugas sehingga para petugas dapat mempertahankan hingga meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan layanan hukum.

Melalui kegiatan ini, Bagian Hukum dan HAM Setda Kabupaten Banyuasin berharap kepada masyarakat untuk memberikan dukungan dan selalu berpartisipasi aktif di dalam hukum dan pemerintahan sehingga dapat merealisasikan visi Banyuasin yakni Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera di masa mendatang.

(red. JDIH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*